Gimp Obat Jerawat

Posting kali ini penulis mencoba buat tutorial, bagaimana menghilangkan Jerawat dengan mudah…? tentunya bukan pakai perawatan medis atau kecantikan. Tetapi pakai media virtual Gimp…haa.. hhaa..ha. Caranya bermacam-macam, bisa pakai clone tool, healing tool, smudge tool, blur/sharp tool atau lain-lainnya yang anda sukai.

21Tapi kali ini penulis akan kupas dengan cara lain menggunakan kemampuan masking, blur, sharpening, dan sedikit disentuh manual dengan sapuan Paintbrush Tool untuk finishing touch.
Langsung aja kita mulai, buka GimpModify, Klik File-Ctrl+O(open file).



3
4Tampak seperti disamping, langkah pertama buat duplikat layer  
seperti screenshot kanan atas, kemudian tekan Alt+O(Add a  Mask  to the Layer) kemudian tekan Alt+S (Selection), disitu kita telah membuat masking dimana warna gelap kita isolasi, warna terang kita kita biarkan nampak. Setelah itu kita klik kiri duplikat layer , bukan maskingnya tapi layer utamanya. Kemudian kita kembali ke layar kerja, klik = (Gaussian Blur)
sesuaikan Blur Radius 10-30px tergantung besarnya resolusi file kita dan pilih Blur Method IIR. Hasilnya dapat kita lihat seperti ini (gb3), tinggal kita rapikan dengan Paintbrush pada layer masking, setelah dirasa cukup langkah berikutnya kita tajamkan bila memang diperlukan. Klik Ctr+alt+E disini penulis menggunakan EAW Sharpen mode Local Contrast, sesuaikan  strength, kenapa memakai menu EAW Sharpen tidak menggunakan Unsharpen…?
 karena menurut pengalaman penulis selama ini, bila pakai unsharphen, ketajaman hasilnya terlalu berlebihan dan ada hallo. 
Sedangkan di EAW Sharpen ketajaman nya merata.       
Berikutnya klik  OK akan tampak seperti berikut ini…

5

Mudah bukan, dan tunggu tutorial berikutnya