MixBrush

Pada bahasan tool mixbrush, penulis akan membahas lebih detail fungsi dari tool mixbrush yang menurut penulis pribadi merupakan tool yang sangat luar biasa. Karena secara nggak sadar kita dihadapkan pada kenyataan suatu kegiatan berkarya secara virtual, tetapi sangat intuitive dalam prakteknya. Kenapa penulis bilang begitu, karena  seakan kita melukis dalam keadaan sebenarnya. Dimana kita bisa mencampur tinta, seperti mencampur dengan kuas lukis kalau kita melukis diatas kanvas pada keadaan sebenarnya. Seperti tampak gambar dibawah adalah berupa foto yang telah penulis sentuh dengan tool mixbrush secara manual

HORSE-PalleteKnife in Gimp by HaryArt

Stroke kuas (pisau pallette) sangat terasa, dan serasa melukis sebenarnya. Karena kita bisa meninggalkan menu instan yang ada di gimp. Kita hanya menggerakkan tangan dan perasaan kita seperti melukis didunia nyata
Untuk lebih jelas dibawah akan penulis kenalkan lebih mendalam lagi.

APPLE-PalleteKnife in Gimp by HaryArt 

MixBrush, adalah hasil kreasi pengembang gimp japan yang mampu menambal/ menambah Paintbrush Tool, dan Ink Tool muncul tool tambahan yaitu MixBrush Tool dan Draw in G-pen-2. Keunikan Mixbrush tool, mampu mencampur warna satu dengan lainnya (Blend), dan apabila kita atur tekanannya bentuk strokenya maka menghasilkan gaya stroke lukisan yang menarik. 
Disini penulis menambah 5 (lima) preset bentuk Stroke MixBrush, disamping Preset karya Ramón Miranda Gimp paint Stusio (GPS), stroke blend yang menarik di Gimp diatas bila kita amati mirip dengan di Software berbayar 'Corel Painter'.
Lima Preset yang saya sertakan seperti screentshot dibawah ini,



Demikian sedikit sharing, semoga tambahan preset diatas dapat bermanfaat...umumnya kepada semua yang  menyenangi dunia desain grafis, dan khususnya bagi pelukis yang saya kira mampu menjembatani dunia konvensional dan digital, yang memang sangat cepat perkembangannya.