CMYK Gimp ‘color separation untuk offset / prepress’

Banyak orang bertanya-tanya tentang kemampuan Gimp……?, terutama pada kegiatan cetak Offset dimana pada cetak offset tidak seperti cetak digital yang langsung bisa cetak Mode RGB (baca Red Green Blue). Mode RGB sebenarnya hanya cocok  untuk cetak photo (mesin Frontier). Dimana pada frontier bukan menggunakan tinta tapi cahaya. Mode RGB disebut juga Warna Adaptive mencampur warna dengan cahaya. misal RGB nilai masing-masing 0, menghasilkan warna hitam dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Mode CMYK (baca Cyan Magenta Yellow Key/Black) biasa disebut Warna Subtractive mencampur warna dengan tinta, biasanya dipakai pada dunia percetakan. Warna dipisah menjadi 4, berdasarkan intensitasnya. Didalam Offset proses cetak meliputi Desain Artwork, pembuatan Film Separasi, dan Pembuatan Plate, setelah itu baru proses Cetak. Biarpun sekarang sudah ada mesin Offset yang sudah memangkas proses yaitu Computer to Print. Dimana tahapan nya sudah tidak membuat film, tapi plate langsung cetak. Terus  pertanyaannya dalam cetak Digital menggunakan apa…? Ploter atau printer rumahan Mode apa yang dipakai? Jawabnya tergantung kebiasaan kita untuk mencoba, sebagai contoh ada Software kalibrasi warna yang hanya bisa digunakan dengan Mode RGB, Software ini mampu membaca merk tinta yang kita pakai dan akan mencetak sesuai perintah kita (yang ada di layar monitor kita), tetapi kalau untuk Mode CMYK pada cetak Digital sangat cocok, bila artwork yang kita buat bernada Grafis, banyak tulisan, spot lebar mode ini sangat bagus karena akan menyesuaian jumlah konsumsi warna yang kita inginkan.
Kapan kita menggunakan Mode CMYK…? Jawaban yang pasti bila kita akan menggunakan pemisahan warna / color separation, seperti pada screen printing, offset, karena bila kita menggunakan mode RGB, akurasi warna tidak sesuai antara yang kita inginkan dengan hasilnya. Biasanya warnanya kusam bahkan terkadang terlalu gelap.
Terus bagaimana dengan Mode CMYK di Gimp…?
Jawabnya memang Gimp belum mempunyai Mode CMYK, pada layar kerja. Tapi Gimp punya Mode CMYK semu yang dikembangkan oleh blackfiveservices <yellowmagic> Yoshinori Yamakawa , pada plugin yang dibuat oleh orang japan ini kita bisa memisahkan CMYK. Tapi perlu diperhatikan kita harus menyimpan file CMYK semu kita pada format TIF. Sebab proyek kita yang disimpan di format ini, bila file dibuka di program Photoshop, hasil pisahan yang telah kita buat menjadikan Chanel CMYK. Tapi untuk hasil yang maksimal, penulis sarankan  mencari Color Profile / color management setting (icc profile & icm profile) yang sesuai dengan perusahaan repro langganan kita.
Untuk lebih jelas dibawah akan penulis perlihatkan hasil capture proses separasi di Gimp dan pengecekan hasil  di Photoshop, semoga bermanfaat…




angelina_jolie1
Ctrl+O  di Gimp
angelina_jolie2
di Gimp separasi tampak di Layer
angelina_jolie3
di Photoshop, CMYK tampak di Channels