Gimp Foreground Select Tool 'Remove Background dengan cepat'

Banyak cara membuang background dengan cepat, seperti yang pernah penulis bahas sebelumnya, bisa dengan path tool, fuzzy tool, eraser tool, plug-in GML dan sebagainya.
Tapi dalam posting kali ini penulis akan bahas membuang latar belakang, dengan menggunakan tool bawaan Gimp yaitu Foreground Select Tool. Pada Software Photoshop kita mengenal menu Extrak, pada Foreground Select Tool juga mirip proses kerjanya atau lebih dikenal dengan, SIOX stands for Simple Interactive Object Extraction. Dimana kita tinggal Ctrl+O obyek yang akan kita buang backgroundnya, kemudian kita kita klik tool Foreground Select Tool, setelah itu kita select sebarang mengelilingi obyek.
Selanjutnya kita kuas sebarang obyek yang telah kita select, kemudian kita lepas mouse disini terlihat obyek telah terbentuk mengelilingi yang telah kita select diatas. Tekan Enter terlihat garis putus-putus mengelilingi obyek.
Langkah terakhir Tekan alt+O selanjutnya pilih alt+S lihat hasilnya background telah jadi transparant dan selanjutnya di layer masking mungkin bisa kita sedikit mengedit bila ada yang belum sempurna.
Demikian pembahasan mengenai SIOX ini untuk lebih jelas, penulis beri contoh ilustrasi dibawah ini

11a

Tutorial ini termasuk salah satu cara membuang background, disertai cara menyeleksi rambut di Gimp, selanjutnya videonya dapat anda lihat disini
Semoga bermanfaat, dan tunggu tutorial berikutnya…